Rabu, 27 Juni 2012

PROGRAM JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH, DAN JANGKA PANJANG SMP


PROGRAM JANGKA PENDEK (1 TAHUN)

1.    Pengembangan Akademik
Indikator mutu pendidikan sekolah dapat dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana, KBM, Guru, Siswa serta mutu kelulusan.
Prioritas program dalam peningkatan mutu pendidikan tahun 2011//2012 adalah:
a. Peningkatan kualitas proses Belajar Mengajar
1.  Pemantapan pelaksanaan kurikulum KTSP untuk kelas VII dan VIII, dan IX.
2.  Peningkatan pelaksanaan kurikulum KTSP dan Program Bilngual untuk kelas VII dan VIII,
3.  Memantapkan pelaksanaan Kurikulum KTSP yang berkesinambungan dan sesuai dengan program pemerintah.
4.  Mengintensifkan pelaksanaan pendekatan keterampilan proses, ulangan harian, analisis hasil evaluasi, perbaikan dan pengayaan untuk mencapai ketuntasan belajar sebagaimana ditetapkan dalam KKM..
5.  Melengkapi buku
-  Pelajaran wajib / paket untuk siswa
-  Referensi / pegangan untuk guru
-  Alat-alat peraga mata pelajaran
6. Pengadaan dan peningkatan pemanfaatan alat laboratorium dan perpustakaan
-  Laboratorium
-  Inventarisasi alat laboratorium
-  Jadwal penggunaan laboratorium (Fisika, Biologi)
-  Perpustakaan
-  Katalogisasi/administrasi perpustakaan lengkap
Jadwal kunjungan, jatah pinjam buku, konsekuensi pinjam
-  Kunjungan perpustakaan pada saat guru kosong
7Peningkatan efektifitas dan efisiensi PBM
8Peningkatan frekuensi supervisi dan pembinaan guru dan karyawan
-  Jadwal supervisi
-  Jadwal pembinaan

Indikator keberhasilan adanya program tersebut:
1) Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dengan ditandai penguasaan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum.
2) Kesamaan persepsi dan tindakan dari semua unsur di sekolah tentang kurikulum KTSP.
3) Guru mampu menyusun silabus dan system penilaian sesuai dengan standar penilaian..
4) Adanya peningkatan rata-rata Nilai Ujian Nasional (out put).
5) Adanya peningkatan rata-rata Nilai Ujian Nasional dari tahun ke tahun (minimal: 0,2)
6) Mayoritas kelulusan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
7) Adanya siswa yang berprestasi dalam bidang
-  Akademis
-  Olah raga
-  Ketrampilan
-  OSN
-  Dan lain-lain
8) Adanya siswa yang mendapat Bea Siswa Prestasi dan beasiswa lainnya.

b. Peningkatan kualitas guru
1) Meningkatkan mutu kegiatan MGMP
2) Menyelenggarakan upgreding Guru Mata Pelajaran
3) Penyetaraan program/non program
4) Mengikuti seminar/lokakarya
5) Studi banding

2. Pengembangan Fisik
Pengembangan fisik diprioritaskan pada penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang KBM misalnya:
a. Penambahan peralatan laboratorium
b. Penambahan Komputer
c. Penambahan buku perpustakaan
d. Penambahan pohon / perindang dan pengaturan taman.
e. Pemeliharaan pagar keliling
f. Pengadaan ruang ketrampilan
g. Pengadaan ruang Kelas baru
3. Pelaksanaan                                                                                                 :
Menyesuaikan skala prioritas rencana induk pengembangan sekolah
4. Pemeliharaan dan rehabilitasi sarana/prasarana yang ada.
5. Sumber dana
5.1. Komite sekolah
5.2. APBD II
5.3. APBD I
5.4. APBN


PROGRAM MENENGAH ( 4 TAHUN )

Untuk mewujudkan SMP  dalam kurun waktu 8 tahun yang akan datang sebagai sekolah yang baik, maka program kerja menengah (4 tahun) sebagai berikut:
1.      Tipe Sekolah
Mempertahankan Sekolah dengan rombongan belajar 12 kelas terdiri dari:
4 rombongan belajar kelas VII
4 rombongan belajar kelas VIII
4 rombongan belajar kelas IX
2.      Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Sekolah Yang Baik
a.   Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai etos kerja yang baik.
b.  Guru
Bagi guru yang belum mempunyai kesetaraan pendidikan S1 dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan sehingga memiliki ijasah S1 melalui program penyetaraan atau Universitas terbuka yang relevan dengan tugas mengajar.
Dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru melalui penataran dan Diklat.
Peningkatan pendidikan lanjutan ke S2 linier dengan mata pelajaran yang diampu.
c.    Karyawan / Tenaga Administrasi
Mengupayakan peningkatan pendidikan sehingga memiliki ijasah setarta SLTA atau diatasnya (S1) dengan memiliki ketrampilan khusus sesuai dengan bidang tugasnya.
Dilakukan upaya peningkatan kemampuan bidang tugas melalui penataran dan Diklat.
3.      Meningkatkan sarana / Prasarana Pendidikan
a.    Sarana phisik
·        Pembangunan Ruang Kelas Baru
·        Pengadaan ruang ketrampilan
b.    Sarana Pendidikan
Melengkapi sarana pendidikan melalui pengajuan program / proposal kepada dinas terkait.
4.      Meningkatkan Kesejahteraan
a.   Membantu kelancaran peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan.
b.   Peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan
5.      Sumber dana
a.     Komite sekolah
b.    APBD II
c.     APBD I
d.    APBN

PROGRAM JANGKA PANJANG (8 TH)


Untuk mewujudkan SMP  dalam kurun waktu 8 tahun yang akan datang sebagai sekolah yang baik, maka program kerja jangka panjangnya sebagai berikut:
1.      Tipe Sekolah
Memantapkan dan mempertahankan Sekolah dengan rombongan belajar 12 kelas terdiri dari:
4 rombongan belajar kelas VII
4 rombongan belajar kelas VIII
4 rombongan belajar kelas IX
2.      Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Sekolah Yang Baik
2.1.     Peningkatan status sekolah dengan akreditasi A
2.2.     Peningkatan prestasi belajar siswa mencapai batas ideal kelulusan sesuai dengan standar nasional dan internasional.
2.3.     Memantapkan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai budaya kerja yang baik.
2.4.     Guru
Pemberian motivasi guru yang belum mempunyai pendidikan S2 untuk melanjutkan pendidikan ke S2 sebagai upaya peningkatan dan pemantapan profesionalisme guru dengan tugas mengajarnya.
Dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru melalui penataran dan Diklat.
2.5.     Karyawan / Tenaga Administrasi
Pemantapan kinerja karyawan dengan memiliki ketrampilan khusus sesuai dengan bidang tugasnya.
Dilakukan upaya peningkatan kemapuan bidang tugas melalui penataran dan Diklat.
3.      Meningkatkan sarana / Prasarana Pendidikan
3.1.     Sarana phisik
·        Pengadaan Sarana dan Prasarana sekolah sesuai standar nasional.
·        Pengadaan ruang pertemuan.
3.2.    Sarana Pendidikan
Melengkapi sarana pendidikan melalui pengajuan program / proposal kepada dinas terkait.
4.      Sumber dana
4.1.           Komite sekolah
4.2.           APBD II
4.3.           APBD I
4.4.           APBN


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar